Menambahkan SSH Key di GIT

git
Spread the love

Menambahkan SSH Key di GIT

Agar lebih aman, kamu juga bisa menambahkan SSH Key ketika proses commit lho! Yang harus kamu persiapkan yaitu pastinya akun Hosting, akses SSH dan akun GIThub/ GITLab. Caranya memang sedikit ribet sih karena berfokus pada keamanan lebih. Namun tenang, jika kamu ikuti step by step berikut perkara susah menjadi lebih mudah. Mau tau caranya? Ikuti step berikut ini.

1. Melakukan Akses SSH di Hosting

Langkah pertama yaitu mengakses server via SSH menggunakan Terminal atau Software PuTTy. Buat kamu pengguna Linux atau Mac, bisa menggunakan terminal. Buat kamu pengguna WIndows, bisa menggunakan Software PuTTy. Apabila anda belum mengetahui caranya, silahkan baca di Panduan Cara Akses SSH Niagahoster . Silahkan tulis perintah berikut di Terminal/ PuTTy.

ssh [email protected] –p 65002

2. Membuat SSH-Keygen

Setelah berhasil masuk ke Hosting, saatnya kamu membuat SSH-Keygen. SSH-Keygen ini berfungsi untuk generate sebuah kunci (key) yang nantinya digunakan untuk sinkronisasi dengan akun GIT kamu. Key ini jangan sampai orang lain tahu ya DomaiNesians! Karena, kunci ini yang menjadi jembatan antara Hosting dengan GITHub/ GITLab. Biasanya key (kunci) tersebut tersimpan dalam file id_rsa.pub.

3. Melihat SSH-Key

Untuk melihat key, silahkan menggunakan perintah “cat” di terminal lalu diikuti dengan alamat public key anda (yang diberi tanda kotak merah pada gambar di atas). Untuk lebih mengetahui beberapa perintah Linux, silahkan baca 10 Perintah Linux yang Harus Kamu Tahu. Kemudian copy isi file id_rsa.pub.

4. Login GITHub/ GITLab

Sekarang, saatnya kamu login ke akun GITHub atau GITLab. Klik foto profil lalu pilih Settings.

5. Menambahkan SSH-Key

Pilih menu SSH dan GPG Keys. Klik New SSH Key. Tulis nama judul dan masukkan SSH-Key pada kolom Key. Perlu diingat, bahwa SSH- Key merupakan isi file .id_ras.pub yang telah di copy tadi. Setelah selesai jangan lupa klik Add SSH Key.

Jika muncul permintaan konfirmasi, silahkan tulis password dan klik Confirm password. Tunggu sebentar dan SSH-Key sudah muncul.

6. Memasukkan Project Dalam GIT

Nah saatnya sekarang berkutat dengan GIT init, GIT commit, GIT push, GIT add dan sebagainya. Pertama, silahkan buat repositori baru. Kedua, silahkan pilih SSH dengan klik Use SSH.

Ketiga, silahkan copy link repositori yang ada.

Jika sudah selesai, silahkan masuk ke Hosting via SSH. Masuk ke dalam folder/ project yang ingin dimasukkan dalam GIT. Kemudian lakukan

git init
git add *
git commit -m “commit pertama”
git remote add origin (silahkan paste link repositori)
git push -u origin master

Jika ada pilihan”Are you sure you want to continue connection (yes/no)?” silahkan pilih yes

Reschi Wardana

Front End Developer , Digital Marketing dan Penulis at Hostingpilihan.com
Hostingpilihan.com adalah sebuah media inspiratif yang akan membantu Anda dalam menentukan pilihan terbaik untuk teknologi yg akan diterapkan di dalam website Anda mulai dari teknologi hosting , Server , email dan lebih banyak lagi .

Tinggalkan Balasan